Pengertian & Penerapan Anchor Teks Dalam Optimasi SEO

Kali ini saya akan coba membahas satu hal penting yang berkaitan dengan optimasi SEO yakni ANCHOR TEKS, mungkin beberapa dari sobat blogger belum mengerti apa yang dimaksud dengan anchor teks dan bagaimana membuat atau menerapkan anchor teks yang benar.

Anchor Text dapat menentukan peringkat untuk kata kunci / keyword tertentu. Anchort text atau juga bisa disebut judul link atau label link adalah sebuah teks terlihat yang digunakan untuk hyperlink dimana biasanya anchor teks ini memberikan informasi kontekstual tentang isi dari tujuan sebuah link. Kata atau kalimat yang terkandung dalam anchor text sangat menentukan peringkat halaman oleh mesin pencari.

Anchor teks biasanya digunakan para blogger sangat mencari backlink, atau biasa digunakan untuk mengarahkan pembaca ke halaman lain karena dibalik anchor teks pasti ada sebuah link, kata yang biasa digunakan untuk sebuah anchor teks biasanya adalah kata kunci yang di target.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian anchor teks, dan berikut ini adalah contoh sederhana dari sebuah anchor teks
Anchor teks dari kalimat diatas adalah "cara membuat blog". Anchor teks akan memberikan informasi ke mesin pencari saat boot dari mesin pencari tersebut merangkak dan merayapi blog atau artikel kita, kemudian secara otomatis mesin pencari tersebut akan berasumsi bahwa link atau anchor teks tersebut membahas tentang cara membuat blog, hal ini akan memberi dampak positif dimana mesin pencari akan memberi peringkat lebih tinggi untuk kata kunci tersebut.



Tidak sedikit para blogger yang belum tau pentingnya anchor teks ini sehingga penerapannya pun menjadi asal asalan, dan contoh penerapan anchor teks yang saya anggap sebuah kesalahan adalah misalnya
  • Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini
Kata klik disini dijadikan sebagai anchor teks, maka secara otomatis boot dari mesin pencari menilai bahwa klik disini sama sekali tidak ada hubungannya dengan sebuah blog, hal ini tidak akan mampu menaikkan peringkat sebuah kata kunci dimesin pencari.

Dari penjelasan serta contoh anchor teks diatas dapat disimpulkan bahwa anchor teks merupakan bagian penting dalam hal optimasi seo, dalam hal ini tentu saja untuk menaikkan peringkat sebuah kata kunci dimesin pencari dengan catatan penerapan sebuah anchor teks dilakukan dengan benar.

Jika sobat ingin membuat sebuah ancor teks dalam kolom komentar saat mencari backlink, sobat bisa menggunakan kode HTML, contohnya seperti dibawah ini
Silahkan kunjungi blog saya yang membahas tentang <a href="URL/LINK">cara daftar email gmail</a>
Kata "cara daftar email gmail" adalah sebuah kata kunci yang nantinya menjadi anchor teks, dan setelah komen tersebut dipublis akan menjadi
Silahkan kunjungi blog saya yang membahas tentang cara daftar email gmail
Perlu diketahui bahwa tidak semua kolom komentar support dengan kode HTML seperti contoh diatas, biasanya untuk kolom komentar yang support dengan kode HTML akan menyertakan pemberitahuan seperti kata "Allowed HTML Tag" yang diletakkan dibawah kolom komentar.

Semoga artikel tentang Pengertian & Penerapan Anchor Teks Dalam Optimasi SEO ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

2 Responses to "Pengertian & Penerapan Anchor Teks Dalam Optimasi SEO"

  1. Paham sekarang saya min soal penggunaan kata kunci ty ty

    BalasHapus
  2. Saya juga baru faham tentang penerapan kata kunci ini gan.
    makasi juga udah berkunjung di pondok blogger

    BalasHapus

Maaf gan, yang komennya pake LINK AKTIF kagak ane publis ya...