Cara Menghapus / Menghilangkan Kolom Komentar di Blogger

Kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara menghapus kolom komentar khusus blog yang berplatform blogger, Sebagaimana kita ketahui jika kita memasang kolom komentar maka bukan tidak mungkin banyak komen spam yang masuk ke blog, jadi selain memoderasi setiap komentar yang masuk kita juga bisa menghilangkan kolom kementar tersebut agar tidak ada lagi orang yang bisa berkomentar di blog kita.

Mengkilangkan kolom komentar juga berpengaruh terhadap kecepatan loading template, membuat blog kita lebih ringan saat di buka oleh pengunjung, dan hal ini tentu saja sangat menguntungkan. Meskipun dengan tidak memasang kolom komentar memiliki banyak manfaat tapi hal ini juga bisa membuat pengunjung bingung, misalkan ada pengunjung yang kurang memahami isi artikel, maka pastinya si pengunjung tersebut tidak tau harus bertanya ke siapa karena tidak tersedia kolom komentar.

Bagi sobat blogger yang menggunakan platform blogger dan ingin menghilangkan kolom komentar dari blog langsung saja ikuti langkah langkahnya berikut ini.

Perhatikan gambar di bawah ini


Berikut ini adalah penjelasan dari gambar di atas
Pada bagian dashboard blogger, silahkan sobat masuk ke bagian Setelan kemudian pilih Pos, komentar dan berbagi
Selanjutnya klik Tersemat dan pada pilihan yang muncul silahkan pilih Sembunyikan, terakhir klik Simpan Setelan yang terletak di bagian pojok kanan atas dan selesai.
Sebenarnya ada cara lain untuk menghilangkan kolom komentar di blog yakni dengan melakukan edit HTML dan menghapus kode html untuk kolom komentar tersebut, namun cara ini sedikit lebih rumit apa lagi jika masih sangat awam dengan hal hal yang berhubungan dengan HTML, jadi cara menghilangkan kolom komentar yang saya jelaskan ini tentunya merupakan cara paling mudah yang bisa sobat coba.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat, selamat mencoba dan terimakasih sudah berkunjung di Pondok Blogger.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "Cara Menghapus / Menghilangkan Kolom Komentar di Blogger"

Posting Komentar

Maaf gan, yang komennya pake LINK AKTIF kagak ane publis ya...